LEVERAGE DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN SERTA UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERAT PADA PERUSAHAAN MAKANAN DAN MINUMAN

Yerisma Welly, Elly Susanti, Khairul Azwar, Ernest Grace

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran leverage, profitabilitas, ukuran perusahaan dan nilai perusahaan, pengaruh leverage dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan baik secara simultan maupun parsial serta kemampuan ukuran perusahaan dalam memoderasi hubungan leverage dan profitabilitas dengan nilai perusahaan pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di BEI periode 2013-2017. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 18 perusahaan dan kriteria pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sehingga sampel dalam penelitian ini sebanyak 6 perusahaan. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan. Teknik analisis data menggunakan uji asumsi klasik, analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan leverage, profitabilitas dan nilai perusahaan mengalami penurunan sedangkan Size mengalami peningkatan. Hasil uji hipotesis pertama menunjukkan bahwa secara simultan leverage dan profitabilitas berpengaruh terhadap nilai perusahaan, sedangkan secara parsial leverage berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan dan untuk nilai profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan. Hasil uji hipotesis kedua disimpulkan bahwa ukuran perusahaan mampu memoderasi namun tidak signifikan hubungan leverage dan profitabilitas dengan nilai perusahaan pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2017.

Kata Kunci: Leverage, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan dan Nilai Perusahaan


Full Text:

PDF

References


Astuti, Dewi. 2004. Manajemen Keuangan Perusahaan. Cetakan Pertama. Jakarta: Ghalia Inonesia

Brigham Eugene F. dan Joel F Houston. 2010. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Buku 2. Edisi XI. Jakarta: Salemba Empat.

Bursa Efek Indonesia http://www.idx.co.id. Tahun akses 2019.

Hasibuan, Veronica. Moch Dzulkirom AR, N G Wi Endang NP. Pengaruh Leverage dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan (Pada Perusahaan Property dan Real Estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2012 – 2015). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vo. 39. No. 1 Oktober 2016.

Hery. 2017. Kajian Riset Akuntansi: Mengulas Berbagai Hasil Penelitian Terkini dalam Bidang Akuntansi dan Keuangan. Jakarta: PT. Grasindo.

Kasmir. (2014). Analisis Laporan Keuangan. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Khumairoh, Nawang Kalbuana, Henny Mulyati. 2016. Pengaruh Leverage, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan. Syariah Paper Accounting FEB UMS. ISSN 2460-0784.

Munthe, Inge Lengga Sari. 2018. Pengaruh Profitabilitas terhadap Nilai perusahaan dengan Struktur Modal sebagai variabel moderasi pada Perusahaan Manufaktur Industri Barang Konsumsi Sub Sektor Makanan dan Minuman Tahun 2014-2017. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Finansial Indonesia. Volume 1, No. 2. April 2018.

Permatasari, Diana. Devi Farah Azizah. 2018 Pengaruh Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Sub Sektor Makanan dan Minuman Yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013 – 2016). Jurnal Administrasi dan Bisnis (JAB) Vo. 61. No. 4 Agustus 2018

Rudianto. 2013. Akuntansi Manajemen Informasi Untuk Pengambilan Keputusan Strategis. Jakarta: Erlangga.

Sartono, Agus. 2010. Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Cetakan ke 4. Yogyakarta: BPFE.

Sudana, I Made. 2011. Manajemen Keuangan Perusahaan Teori dan Praktik. Jakarta: Erlangga.

Sutama, Dedi Rossidi. Erna Lisa. 2018. Pengaruh Leverage dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan (Studi pada Perusahaan Sektor Manufaktur Food and Beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Sains Manajemen & Akuntansi. Volume X No. 1/Februari/2018.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/09/27/150000226/cerah-masa-depan-industri-makanan-dan-minuman-di-indonesia?page=all. Tanggal Akses 18 Oktober 2019

Warren, Carl S, James M. Reeve dan Philip E. Fess. 2005. Pengantar Akuntansi. Buku 1. Edisi 21. Jakarta: Salemba Empat.

Wiguna, Pratama Aji. 2016. Pengaruh Rasio Keuangan, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Penjualan terhadap Nilai Perusahaan. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.37403/financial.v5i2.115

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 FINANCIAL JURNAL AKUNTANSI

Diterbitkan Oleh:

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung

Pematangsiantar, Sumatera Utara, Indonesia

 

Editorial Office:

 Jln. Surabaya No.19 Pematangsiantar, 21118, Sumatera Utara

 financial@stiesultanagung.ac.id

Telp/Fax. (0622) 25626


P-ISSN: 2502-4574

E-ISSN: 2686-2581