PENGARUH BEBAN IKLAN DAN INTENSITAS PERSEDIAAN TERHADAP AGRESIVITAS PAJAK DENGAN CORPORATE SOCIAL RESPONBILITY SEBAGAI VARIABEL MODERASI

Sharline Marchya Diandra, Angga Hidayat

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memberikan bukti empiris mengenai Pengaruh Beban Iklan dan Intensitas Persediaan terhadap Agresivitas Pajak dengan Corporate Social Responsibility sebagai variabel moderasi pada perusahaan manufaktur sektor industri barang dan konsumsi yang terdaftar di BEI 2014 - 2018. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 52 perusahaan. Jumlah sampel dalam penelitian adalah 15 perusahaan dengan jumlah data observasi selama 5 tahun sehingga diperoleh 75 data dengan menggunakan metode purposive sampling berdasarkan kriteria yang telah ditentukan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan data yang digunakan merupakan data sekunder yang berupa laporan tahunan dan laporan keuangan pada periode 2014 - 2018 yang diambil dari situs www.idx.co.id. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, uji asumsi klasik, uji analisis regresi linier berganda dan MRA dengan bantuan program SPSS Versi 25. Hasil penelitian dilakukan berdasarkan uji f yaitu Beban Iklan dan Intensitas Persediaan berpengaruh terhadap Agresivitas pajak. Hasil penelitian uji t yaitu Beban Iklan berpengaruh terhadap Agresivitas pajak,sedangkan Intensitas Persediaan tidak berpengaruh terhadap Agresivitas pajak. Hasil Penelitian dengan moderasi yaitu Corporate Social Responsibility sebagai variabel moderasi memperlemah pengaruh Beban Iklan terhadap Agresivitas Pajak, serta Corporate Social Responsibility sebagai variabel moderasi memperlemah pengaruh Intensitas Persediaan terhadap Agresivitas Pajak.

Kata Kunci: Beban Iklan, Intensitas Persediaan, Agresivitas Pajak, Corporate Social Responsibility


References


Adisamartha, I. B. P. F., & Noviari, N. (2015). Pengaruh Likuiditas, Leverage, Intensitas Persediaan dan Intensitas Aset Tetap pada Tingkat Agresivitas Wajib Pajak Badan. E-Jurnal Akuntansi, 973-1000.

Ajzen, I. (1991). The theory of planned behavior. Organizational behavior and human decision processes, 50(2), 179-211.

Alfisyah, T. N., Suhendro, S., & Masitoh, E. (2019). Tax avoidance ditinjau dari capital intencity ratio, beban iklan perusahaan, kompensasi rugi fiskal studi pada perusahaan perbankan yang terdaftar di BEI tahun 2015-2017. In proseding seminar nasional akuntansi (Vol. 2, No. 1).

Andhari, P. A. S., & Sukartha, I. M. (2017). Pengaruh Pengungkapan CSR, Profitabilitas, Inventory Intensity, Capital Intensity dan Leverage pada Agresivitas Pajak. E-Jurnal Akuntansi, 2115-2142.

Andrean, D. (2018). Pengaruh Manajemen Laba, Corporate Governance, dan Financial Leverage Terhadap Agresivitas Pajak (Bachelor's thesis).

Andriani, F. (2018). Pengaruh Manajemen Laba dan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Agresivitas Pajak.

Andriyanto, R., Effriyanti, E., & Hidayat, A. (2018). The Effect of Spiritual Intelligence (SQ) and Personality Types on Auditor’s Ability to Detect Fraud. JABI (Jurnal Akuntansi Berkelanjutan Indonesia), 1(3), 258-268.

Aprilianto, B., & Hidayat, A. (2020). Pengaruh Bisnis E-Commerce dan Pemeriksaan Pajak terhadap Penerimaan Pajak (Studi Kasus Wajib Pajak Yang Terdaftar di KPP Kelapa Gading). Eko Preneur, 1(2), 156-168.

Ardyansah, D. (2014). Pengaruh Size, Leverage, Profitability, Capital Intensity Dan Komisaris Indenpenden Terhadap Effective Tax Rate (ETR) (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar Di BEI Selama Periode 2010-2012) (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis).

Bayoud, N. S., & Kavanagh, M. (2012). Corporate Social responsibility disclosure: evidence from Libyan managers. Global Journal of Business Research, 6(5), 73-83.

Devi, D. A. N. S., & Dewi, L. G. K. (2019). Pengaruh Profitabilitas pada Agresivitas Pajak dengan Pengungkapan CSR Sebagai Variabel Moderasi. E-Jurnal Akuntansi.

Djumena, S., & Yuniarwati, Y. (2017). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Agresivitas Pajak Pada Perusahaan Manufaktur Di BEI 2013–2015. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis, 1(1), 125-134.

Fadli, I., Ratnawati, V., & Kurnia, P. (2016). Pengaruh Likuiditas, Leverage, Komisaris Independen, Manajemen Laba, dan Kepemilikan Institusional terhadap Agresivitas Pajak Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2013). Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Riau, 3(1), 1205-1219.

Fatmawati, O. R., & Solikin, A. (2018). Pengaruh Karakteristik Perusahaan dan Beban Iklan terhadap Tindakan Penghindaran Pajak pada Perusahaan Manufaktur. Substansi: Sumber Artikel Akuntansi Auditing dan Keuangan Vokasi, 1(1), 123-141.

Fitri, E. F. (2018). Pengaruh Capital Intensity, Inventory Intensity, Profitabilitas dan Leverage Terhadap Agresivitas Pajak. In Prosiding SENMAKOMBIS (Seminar Nasional Mahasiswa Ekonomi dan Bisnis) (Vol. 2, No. 1, pp. 1-14).

Ghifari, R., & Sugeng, B. (2018). Pengaruh Profitabilitas dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Agresivitas Pajak (Studi Pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2017) (Doctoral dissertation, Perpustakaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas Bandung).

Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gray, R., Kouhy, R., & Lavers, S. (1995). Corporate social and environmental reporting. Accounting, Auditing & Accountability Journal.

Gujarati, Damodar N. (2003). Basic Econometrics. Third Edition.Mc. Graw-Hill, Singapore.

Hanifah, N. (2019). Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) dan Risk Management terhadap Agresivitas Pajak dengan Insentif Pajak sebagai pemoderasi (studi empiris perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2017).

Hidayat, A., & Prasetya, E. R. (2020). Penerapan Teknologi Dalam Analisis Perilaku Belajar Reflektif Berbasis Sistem Android Untuk Meningkatkan Pembelajaran E-Learning. Gammath: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika, 4(2), 79-87.

Hidayat, A. T., & Fitria, E. F. (2018). Pengaruh Capital Intensity, Inventory Intensity, Profitabilitas dan Leverage Terhadap Agresivitas Pajak. Eksis: Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis, 13(2), 157-168.

Hidayat, A. (2020). Pengaruh penggunaan aplikasi eviews terhadap kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar statistik. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(1), 18-24.

Ikatan Akuntansi Indonesia. (1994). Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) 14 tentang Persediaan.

Jessica, J., & Toly, A. A. (2014). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibilty Terhadap Agresivitas Pajak. Tax & Accounting Review, 4(1), 222.

Kuznetsov, A., Kuznetsova, O., & Warren, R. (2009). CSR and the legitimacy of business in transition economies: The case of Russia. Scandinavian Journal of Management, 25(1), 37-45.

Luayyi, S. (2012). Teori keagenan dan manajemen laba dari sudut pandang etika manajer. El Muhasaba: Jurnal Akuntansi, 1(2).

Luke, L. (2016). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Agresivitas Pajak (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun (2012–2014)(Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis).

Mustika, M., Ratnawati, V., & Silfi, A. (2017). Pengaruh Corporate Social Responsibility, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, Capital Intensity dan Kepemilikan Keluarga terhadap Agresivitas Pajak (Studi Empiris pada Perusahaan Pertambangan dan Pertanian yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Riau, 4(1), 1886-1900.

Nguyen, Amanda, (2015). “Product market Advertising and Corporate tax Aggresiveness” Australia, Monash University.

Pamor, D. Y. (2018). Pengaruh Likuiditas, Profitabilitas, Intensitas Persediaan Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Tingkat Agresivitas Pajak Wajib Pajak Badan pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2016.

Pradnyadari, I. D. A. I., & Rohman, A. (2015). Pengaruh pengungkapan corporate social responsibility terhadap agresivitas pajak. Diponegoro Journal of Accounting, 4(2), 126-134.

Prameswari, F. (2017). Pengaruh Ukuran Perusahaan Terhadap Agresivitas Pajak Dengan Corporate Social Responsibility (CSR) Sebagai Variabel Moderasi. EQUITY, 3(4).

Pujiriyani, D. W., & Wahab, O. H. (2013). Kemandegan CSR dan kontribusinya terhadap perluasan konflik agraria di kawasan hutan register 45 Mesuji. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 17(2), 101-115.

Putri, C. L., & Lautania, M. F. (2016). Pengaruh Capital Intensity Ratio, Inventory Intensity Ratio, Ownership Strucutre dan Profitability Terhadap Effective Tax Rate (ETR) (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2014). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Akuntansi, 1(1), 101-119.

Putri, L. T. Y. (2014). Pengaruh likuiditas, manajemen laba dan corporate governance terhadap agresivitas pajak perusahaan (studi empiris pada perusahaan yang terdaftar di BEI periode 2008-2012). Jurnal Akuntansi, 2(3).

Resmi, Siti. (2017). Perpajakan Teori & Kasus Edisi 10 Buku 1. Jakarta: Selembar Empat.

Romadhina, A. P. (2019). Pengaruh Beban Iklan dan Intensitas Persediaan terhadap Agresivitas Pajak. Journal of Economics and Management Scienties, 2(1), 001- 013.

Rosiana, G. A. M. E., Juliarsa, G., & Sari, M. M. R. (2013). Pengaruh pengungkapan CSR terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel pemoderasi. E-Jurnal Akuntansi, 723-728.

Santoso, Singgih. (2010). Statistik Parametik, Konsep dan Aplikasi dengan SPSS. Cetak Pertama, PT Elex Media Komputindo, Jakarta, PT Gramedia.

Savitri, D. A. M., & Rahmawati, I. N. (2017). Pengaruh Leverage, Intensitas Persediaan, Intensitas Aset Tetap, dan Profitabilitas terhadap Agresivitas Pajak. Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi Terapan (JIMAT), 8(2), 19-32.

Siregar, H., & Nurmala, P. (2019). PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN DAN PENERIMAAN OPINI GOING CONCERN TERHADAP HARGA SAHAM. Jurnal Riset Keuangan Dan Akuntansi, 4(2).

Sopiyana, M., & Sugiyono, S. (2015). Efektivitas kinerja musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) ekonomi SMA di Kabupaten Boyolali. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 3(2), 241-249.

Suaryana, A. (2011). Implementasi akuntansi sosial dan lingkungan di Indonesia. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Bisnis.

Sugitha, I. M. Y. P., & Supadmi, N. L. (2016). Pengaruh Karakteristik Perusahaan dan Beban Iklan pada Tindakan Penghindaran Pajak. E-Jurnal Akuntansi, 1311-1341.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wiguna, I. P. P., & Jati, I. K. (2017). Pengaruh Corporate Social Responsibility, Preferensi Risiko Eksekutif, dan Capital Intensity pada Penghindaran Pajak. E-Jurnal Akuntansi, 418-446.

Wijaya, S. E., & Febrianti, M. (2017). Pengaruh size, leverage, profitability, inventory intensity dan corporate governance terhadap manajemen pajak. Jurnal bisnis dan akuntansi, 19(1a-4), 274-280.

Yoehana, M., & Harto, P. (2013). Analisis Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Agresivitas Pajak (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2011) (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis).

Yuliah. (2019). Pengaruh Kinerja Keuangan, Intensitas Persediaan dan Ukuran Perusahaan Terhadap Agresivitas Pajak (Studi Empiris pada Perusahaan Indeks Sri-Kehati yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2017). Universitas Pamulang.

Yunita, N. (2018). Pengaruh biaya hutang dan corporate social responsibility terhadap penghindaran pajak (studi empiris pada perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di BEI tahun 2013-2017). Universitas pamulang.




DOI: https://doi.org/10.37403/financial.v6i2.142

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 FINANCIAL: JURNAL AKUNTANSI

Financial: Jurnal Akuntansi is indexed by:

 

 

PUBLISHER:

Program Studi Akuntansi, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung
Jalan Surabaya No 19, Telp (0622) 25626, Fax (0622) 21432
Pematangsiantar 21118 – Sumatera Utara, Indonesia
email: financial@stiesultanagung.ac.id

OAlogo

 Creative Commons License

Financial: Jurnal Akuntansi by STIE Sultan Agung is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.