PERBANDINGAN PRAKTIK PEMBIAYAAN TABUNGAN SAFARI KOSPIN JASA SYARIAH BANJARAN TEGAL DENGAN FATWA DSN MUI NO. 02 TAHUN 2000

Nurul Wulandari Putri, Dhiya Faras Febriani

Abstract


Pada zaman dimana ekonomi yang sedang tidak menentu, perlu sekiranya setiap individu memiliki cadangan dana. Cadangan dana tersebut yang sangat mudah dilakukan oleh masyarakat dapat berbentuk tabungan. Dalam hal Kospin Jasa Syariah Capem Banjaran hadir untuk memberikan produk yang dibutukan oleh masyarakat salah satunya Tabungan Safari yang merupakan tabungan berjangka dengan wisata gratis. Tujuan dari penelitian ini yaiitu untuk mengetahui tingkat kepatuhan pada produk Tabungan Safari Kospin Jasa Syariah Capem Banjaran terhadap Fatwa DSN MUI No. 02/DSN-MUI/IV/2000 tentang Tabunga. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa praktik pembiayaan Tabungan Safari di Kospin Jasa Syariah Capem Banjaran masih ada beberapa yang tidak sesuai dengan Fatwa DSN MUI. Perbandingan praktik dalam pembiayaan Tabungan Safari telah sesuai dengan Fatwa DSN MUI No.02/DSN-MUI/IV/2000 tentang Tabungan, diantaranya nasabah bertindak sebagai shahibul mal dan bank sebagai mudharib, modal yang diiyatakan Kospin Jasa Syariah harus menjelaskan jumlahnya  dan dalam bentuk tunai bukan piutang, pembagian keuntungan  didapatkan harus dinyatakan dalam bentuk nisbah. Tetapi ada juga beberapa praktik yang tidak sesuai dengan Fatwa DSN MUI seperti bank dapat melakukan berbagai macam usaha  tetapi praktiknya Kospin Jasa Syariah menggunakan dana tersebut sebagai dana outstanding, yang mana seharusnya Kospin Jasa Syariah dapat.

Kata Kunci: Tabungan Safari, Kepatuhan Syariah,  DSN MUI


References


Anshori, A. G. (2009). Perbankan Syariah Di Indonesia. Yogyakarta: UII Pers.

Arifin, Z. (2009). Dasar-Dasar Manajemen Bank Syariah. Tanggerang: Aztera.

Kuniawan, L. (2020, Maret 23). (D. F. Febriani, Pewawancara)

Muhammad. (2014). Teknik Bagi Hasil dan Margin Keuangan pada Bank Syariah. Yogyakarta: UII Pers.

Mulazid, A. S. (2016). Pelaksanaan Sharia Compliance Pada Bank Syariah (Studi Kasus Pada Bank Syariah Mandiri, Jakarta). jurnal kajian keislaman madania, 37.

Nitasari, D. (2020, Juli 09). (D. F. Febriani, Pewawancara)

Prasetyo, A. T. (2016). Kesesuaian Fatwa DSN MUI No. 7/DSN-MUI/IV/2000 Dalam Produk Pembiayaan Kepada Koperasi Untuk Anggota (PKPA) Di Bank Jatim Syariah Cabang Darmo Kota Surabaya. Jurnal Ekonomi Syariah Teori dan Terapan Unair, 26.

Qulub, A. A. (2019). Kepatuhan Syariah (Sharia Compliance) Akad Mudharabah yang ada di BMT Bina Insan Mandiri Cabang Rengel Tuban dinilai dari Fatwa DSN MUI. Jurnal EkonomiSyariah Teori dan Terapan Unair, 880.

Rohmatul, S. (2018). Koperasi BMT: Teori, aplikasi dan inovasi. karanganyar: cv.inti media kommmunika.

Simamora, A. (1990). Sistem Perbankan Syaiah. Jakarta: PT RINEKA CIPTA.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutedi, A. (2009). Perbankan Syariah, Tinjauan dan Beberapa Segi Hukum. Jakarta: Ghalia Indonesia.

wiwoho, J. (2014). peran lembaga keuangan bank dan lembaga keuangan bukan bank dalam memberikan distribusi keadilan bagi masyarakat. 87-97.




DOI: https://doi.org/10.37403/financial.v6i2.166

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 FINANCIAL: JURNAL AKUNTANSI

Financial: Jurnal Akuntansi is indexed by:

 

PUBLISHER:

Program Studi Akuntansi, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung
Jalan Surabaya No 19, Telp (0622) 25626, Fax (0622) 21432
Pematangsiantar 21118 – Sumatera Utara, Indonesia
email: financial@stiesultanagung.ac.id

OAlogo

 Creative Commons License

Financial: Jurnal Akuntansi by STIE Sultan Agung is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.