PENGARUH CURRENT RATIO TERHADAP PERUBAHAN LABA PADA PERUSAHAAN SEKTOR INDUSTRI BARANG KONSUMSI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Lestari Fransiska, Yansen Siahaan, Rosanna Purba, Elly Susanti

Abstract


Tujuan penelian ini adalah untuk mengetahui gambaran current ratio dan perubahan laba serta untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh current ratio terhadap perubahan laba pada perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Objek penelitian adalah Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2009 sampai dengan tahun 2013 yang telah memenuhi kriteria yaitu sebanyak 19 perusahaan. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier sederhana, koefisien korelasi, determinasi dan uji t. Analisis data dilakukan dengan menggunakan bantuan software statistic SPSS 19.

Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Current Ratio baik, Perubahan Laba cukup baik. 2) Ada pengaruh negatif antara Current Ratio terhadap Perubahan Laba. 3) Terdapat pengaruh yang tidak signifikan antara Current Ratio terhadap Perubahan Laba sebesar 26,1 persen. 4) Hipotesis penelitian H0 ditolak artinya Current Ratio berpengaruh negatif terhadap Perubahan Laba pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Penelitian ini menyimpulkan bahwa apabila hasil pengukuran current ratio meningkat maka akan menyebabkan menurunnya perubahan laba, sebaliknya apabila hasil pengukuran current ratio menurun maka akan menyebabkan meningkatnya perubahan laba. Hal ini disebabkan karena efisiensi biaya modal.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


FINANCIAL (JURNAL AKUNTANSI STIE SULTAN AGUNG)

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.