PENGARUH LEVERAGE DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PT UNILEVER INDONESIA, Tbk. YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Respina Siregar, Pinondang Nainggolan, Parman Tarigan, Elly Susanti

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui gambaran leverage dan profitabilitas nilai perusahaan pada PT Unilever Indonesia, Tbk, 2) Untuk mengetahui pengaruh leverage dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan pada PT Unilever Indonesia, Tbk secara parsial maupun simultan.penelitian ini menggunakan Debt to Asset Ratio (DAR), sebagai indikator leverage, Return on Asset (ROA) sebagai indikator profitabilitas dan Market to Book Ratio (MBR) sebagai indikator nilai perusahaan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif.

Hasil penelitian data disimpulkan sebagai berikut:  (1) rata-rata Debt to Asset Ratio (DAR) adalah sebesar 58%, (2) rata-rata Return on Asset (ROA) sebesar 39% (4) persamaan regresi  MBR = -81,150 + 127,771DAR + 101,476 ROA, artinya terdapat pengaruh positif antara leverage dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan, (5) terdapat korelasi yang sangat kuat antara leverage dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan sebesar 0,897.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37403/financial.v2i1.21

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 FINANCIAL (JURNAL AKUNTANSI STIE SULTAN AGUNG)

Diterbitkan Oleh:

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung

Pematangsiantar, Sumatera Utara, Indonesia

 

Editorial Office:

 Jln. Surabaya No.19 Pematangsiantar, 21118, Sumatera Utara

 financial@stiesultanagung.ac.id

Telp/Fax. (0622) 25626


P-ISSN: 2502-4574

E-ISSN: 2686-2581