ANALISIS PERKEMBANGAN MODAL SENDIRI DAN PEMBERIAN PINJAMAN UNTUK MENINGKATKAN SISA HASIL USAHA PADA KOPERASI KREDIT CU MANDIRI TEBING TINGGI

Putri Dewi, Pinondang Nainggolan, Parman Tarigan, jubi jubi

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui gambaran perkembangan modal sendiri, pemberian pinjaman, dan Sisa Hasil Usaha (SHU) pada Koperasi Kredit CU Mandiri Tebing Tinggi. 2) Untuk mengetahui dan menganalisis perkembangan modal sendiri dan pemberian pinjaman  dalam meningkatkan Sisa Hasil Usaha (SHU) pada Koperasi Kredit CU Mandiri Tebing Tinggi. Teknik analisa data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, analisis komparatif, dan analisis induktif.

Hasil penelitian ini adalah 1) Nilai perkembangan modal sendiri secara rupiah mengalami peningkatan akan tetapi trend persentase perkembangan modal sendiri mengalami penurunan  karena penurunan partisipasi anggota yang disebabkan penurunan perkembangan jumlah anggota dan kepasifan anggota lama dalam menginvestasikan dananya. 2) Nilai perkembangan pemberian pinjaman secara rupiah mengalami peningkatan akan tetapi trend persentase perkembangan pemberian pinjaman mengalami penurunan. 3) Nilai perkembangan sisa hasil usaha secara rupiah mengalami peningkatan akan tetapi trend persentase perkembangan sisa hasil usaha mengalami penurunan karena ketidakseimbangan antara pendapatan dan biaya koperasi.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37403/financial.v2i1.26

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 FINANCIAL (JURNAL AKUNTANSI STIE SULTAN AGUNG)

Diterbitkan Oleh:

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung

Pematangsiantar, Sumatera Utara, Indonesia

 

Editorial Office:

 Jln. Surabaya No.19 Pematangsiantar, 21118, Sumatera Utara

 financial@stiesultanagung.ac.id

Telp/Fax. (0622) 25626


P-ISSN: 2502-4574

E-ISSN: 2686-2581