ANALISIS SISTEM PEMBERIAN DAN PENAGIHAN KREDIT UNTUK MENCEGAH KREDIT BERMASALAH PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM GURU/PEGAWAI “SEJAHTERA” PERGURUAN TAMANSISWA CABANG PEMATANGSIANTAR

Nurul Hidayati Sinaga, Pinondang Nainggolan, Liper Siregar, jubi jubi

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui sistem pemberian dan penagihan kredit yang diterapkan pada Koperasi Simpan Pinjam Guru/ Pegawai “Sejahtera” Perguruan Tamansiswa Cabang Pematangsiantar. 2. Untuk mengetahui apakah sistem pemberian dan penagihan kredit dapat mencegah kredit bermasalah pada Koperasi Simpan Pinjam Guru/ Pegawai “Sejahtera” Perguruan Tamansiswa Cabang Pematangsiantar. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis induktif.

Hasil penelitian ini adalah Penerapan sistem akuntansi pemberian dan penagihan kredit pada Koperasi Simpan Pinjam Guru/ Pegawai “Sejahtera” Perguruan Tamansiswa Cabang Pematangsiantar cukup memadai dikarenakan adanya penggunaan dokumen dan catatan akuntansi. Sistem pemberian kredit menggunakan prinsip kehati-hatian tetapi analisis kredit 5C dan 7P belum berjalan sebagaimana mestinya. Sementara itu, sistem penagihan kredit yang dilakukan terhadap anggota adalah dengan cara pemotongan nafkah (gaji) secara langsung dan untuk anggota yang meninggal dunia dan mengundurkan diri, penagihan dilakukan secara langsung mengunjungi rumah ahli waris/ debitur. Kredit bermasalah yang terjadi disebabkan oleh adanya anggota yang meninggal dan mengundurkan diri dari Perguruan Tamansiswa.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37403/financial.v2i1.30

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 FINANCIAL (JURNAL AKUNTANSI STIE SULTAN AGUNG)

Diterbitkan Oleh:

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung

Pematangsiantar, Sumatera Utara, Indonesia

 

Editorial Office:

 Jln. Surabaya No.19 Pematangsiantar, 21118, Sumatera Utara

 financial@stiesultanagung.ac.id

Telp/Fax. (0622) 25626


P-ISSN: 2502-4574

E-ISSN: 2686-2581