PENGARUH LEVERAGE DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PT LION METAL WORKS, Tbk. YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Meriyana Siahaan, Darwin Lie, jubi jubi, Supitriyani Supitriyani

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui gambaran Leverage, Profitabilitas dan Nilai Perusahaan pada PT Lion Metal Works, Tbk. Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. 2. Untuk mengetahui  pengaruh Leverage dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan pada PT Lion Metal Works, Tbk. Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia baik secara simultan maupun parsial.

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, koefisien korelasi, koefisien determinasi dan uji hipotesis.

Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut : 1. Rata-rata Debt to equity ratio (DER) adalah 23,96, rata-rata Return on equity (ROE) adalah 9,17, rata-rata Price to Book Value (PBV) adalah 35,36. 2. Hasil analisi regresi linier berganda adalah Ŷ= -49,098 + 1,207X1+ 6,060X2, artinya terdapat pengaruh positif antara leverage dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan. 3. Koefisien korelasi adalah 0,715, terdapat hubungan cukup kuat antara variabel leverage, profitabilitas dan nilai perusahaan. Koefisien determinasi sebesar 0,512, berarti bahwa 51,2% dari nilai perusahaan dijelaskan oleh leverage dan profitabilitas. 4. Hasil uji hipotesis menyatakan leverage dan profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan PT Lion Metal Works, Tbk. yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia  baik secara simultan maupun parsial .

Saran dari hasil penelitian ini adalah penting bagi perusahaan untuk tetap menjaga kestabilan nilai DER, ROE dan PBV. Sebaiknya perusahaan memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi DER maksimum, ROE minimum, dan PBV maksimum agar para investor tertarik untuk menanamkan modalnya di perusahaan.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37403/financial.v2i2.33

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 FINANCIAL (JURNAL AKUNTANSI STIE SULTAN AGUNG)

Financial: Jurnal Akuntansi is indexed by:

  

PUBLISHER:

Program Studi Akuntansi, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung
Jalan Surabaya No 19, Telp (0622) 25626, Fax (0622) 21432
Pematangsiantar 21118 – Sumatera Utara, Indonesia
email: financial@stiesultanagung.ac.id

OAlogo

 Creative Commons License

Financial: Jurnal Akuntansi by STIE Sultan Agung is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.