PENGARUH CURRENT RATIO TERHADAP RETURN ON ASSET PADA PERUSAHAAN SEKTOR ANEKA INDUSTRI YANG LISTING DI BURSA EFEK INDONESIA

Melianti Saragih, Yansen Siahaan, Rosanna Purba, Supitriyani Supitriyani

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran current ratio dan return on assets serta menganalisis signifikansi pengaruh current ratio terhadap return on assets pada Perusahaan Sektor Aneka Industri yang listing di Bursa Efek Indonesia.

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Objek penelitian adalah Perusahaan Sektor Aneka Industri yang listing di Bursa Efek Indonesia tahun 2009 sampai dengan tahun 2013 yang telah memenuhi kreteria yaitu sebanyak 21 perusahaan. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier sederhana, koefisien korelasi, determinasi dan uji t. Analisis data dilakukan dengan menggunakan bantuan software statistic SPSS 20.

Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Current Ratio cukup baik, Return On Assets baik, 2) hasil penguian regresi sederhana yaitu ROA = 0,028 + 0,023 CR + , 3) Hasil pengujian koefisien korelasi (uji r) diperoleh sebesar 0,302 dengan melihat kriteria koefisien korelasi menunjukkan bahwa hubungan yang lemah, 4) HasilĀ  uji r2 (koefisien determinasi) diperoleh sebesar 9,1% sisanya sebesar 90,9% dipengaruhi oleh vatriabel lain diluar pembahasan, seperti Liquidity Ratio, Debt To Equity Ratio, Pertumbuhan Penjualan dan Ukuran Perusahaan. 5) Hipotesis penelitian H0 ditolak artinya Current Ratio berpengaruh positif dan signifikan terhadap Return On Assets pada Perusahaan Sektor Aneka Industri yang listing di Bursa Efek Indonesia periode 2013.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


FINANCIAL (JURNAL AKUNTANSI STIE SULTAN AGUNG)

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.