PENGARUH AGRESIVITAS PAJAK DENGAN RETURN ON ASSET (ROA) SEBAGAI VARIABEL KONTROL TERHADAP CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PADA PERUSAHAAN SUB SEKTOR FARMASI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Elis Melina Peranginangin, Darwin Lie, Jubi Jubi, Ady Inrawan

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah: Untuk mengetahui gambaran agresivitas pajak dengan return on asset (ROA) sebagai variabel kontrol dan corporate social responsibility (CSR) serta pengaruh agresivitas pajak dengan return on asset (ROA) sebagai variabel kontrol terhadap corporate social responsibility (CSR) pada Perusahaan Sub Sektor Farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini seperti: uji asumsi klasik, analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif.

Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: Rata-rata Effective Tax Rate (ETR) adalah 0,2618, rata-rata Return On Asset (ROA) adalah 0,1539, rata-rata Corporate Social Responsibility (CSR) adalah 0,4460. Hasil pengujian dari regresi linear sederhana adalah Ŷ = 0,767 - 1,226X, artinya agresivitas pajak dengan return on asset (ROA) berpengaruh negatif terhadap corporate social responsibility. Hasil analisis koefisien korelasi adalah 0,157 yang berarti hubungan sangat rendah antara agresivitas pajak dan corporate social responsibility. Koefisien determinasi adalah sebesar 0,025 yang berarti bahwa 2,5% dari corporate social responsibility dijelaskan oleh agresivitas pajak. Hipotesis penelitian H0 diterima, artinya agresivitas pajak dengan return on asset (ROA) berpengaruh tidak signifikan terhadap corporate social responsibility pada Perusahaan Sub Sektor Farmasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia secara parsial.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


FINANCIAL (JURNAL AKUNTANSI STIE SULTAN AGUNG)

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.