PENGARUH LIKUIDITAS DAN STRUKTUR MODAL TERHADAP PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN SUB SEKTOR PERKEBUNAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Hodri Butar-Butar, Darwin Lie, parman Tarigan, Ady Inrawan

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah1. untuk mengetahui gambaran Likuiditas, Struktur Modal, dan Profitabilitas pada Perusahaan Sub Sektor Perkebunan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. 2. untuk mengetahui pengaruh Likuiditas dan Struktur Modal terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Sub Sektor Perkebunan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia baik secara simultan maupun parsial.

Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: 1. Rata-rata Current Ratio (CR) sebesar 1,40, rata-rata Long Term Debt to Equity Ratio (LTDER) sebesar 0,65 dan rata-rata Return on Equity (ROE) sebesar 0,12. 2. Hasil pengujian regresi liner berganda adalah Ŷ = -0,026 + 0,049X1 + 0,166X2, artinya bahwa Likuiditas dan Struktur Modal berpengaruh positif terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Sub Sektor Perkebunan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2016. 3. Hasil analisis koefisien korelasi adalah sebesar 0,483, yang berarti hubungan sedang antara variabel dependen (ROE) dengan variabel independennya (CR dan LTDER). Koefisien determinasi adalah 0,190 atau 19%, yang berarti 19% dari Profitabilitas dijelaskan oleh Likuiditas dan Struktur Modal. 4. Hipotesis penelitian Ho ditolak, artinya Likuiditas dan Struktur Modal berpengaruh signifikan terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Sub Sektor Perkebunan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2016.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


FINANCIAL (JURNAL AKUNTANSI STIE SULTAN AGUNG)

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.