Analisis Hubungan Personalisasi, Keinovatifan Teknologi, Competitive Pressure Terhadap Financial Technology Dengan Tipe Bisnis Sebagai Variabel Moderasi pada UMKM Di Kota Bekasi

Authors

  • Oryza Sativa Heningtyas Universitas Darma Persada
  • Najla Hanun Universitas Darma Persada

DOI:

https://doi.org/10.37403/financial.v9i2.547

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji analisis hubungan personalisasi, keinovatifan teknologi dan competitive pressure terhadap financial technology dengan tipe bisnis sebagai variabel moderasi. Penelitian ini dilakukan pada UMKM di Kota Bekasi dan Jakarta Timur metode pemilihan sampel yang digunakan dalam penelitian adalah purposive sampling dengan sampel sebanyak 151 UMKM. Penelitian ini menggunakan data primer, analisis data dilakukan dengan menggunakan SPSS Versi 25. Hasil penelitian ini berdasarkan berdasarkan uji regresi linear berganda dan moderasi kelompok. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel personalisasi dan keinovatifan teknologi berpengaruh positif terhadap financial technology dan competitive pressure berpengaruh negatif terhadap financial technology sedangkan variabel moderasi tipe bisnis memoderasi variabel personalisasi dan keinovatifan teknologi sedangkan tipe bisnis tidak memoderasi variabel competitive pressure.   Keterbaruan pada penelitian ini yaitu belum ada yang meneliti financial technology menggunakan variabel tipe bisnis.

References

Agnesia, V., & Saputra, A. J. (2022). Pengaruh Penggunaan E-Commerce, Financial Technology dan Media Sosial Terhadap Peningkatan Pendapatan UMKM Kota Dumai. E-JurnalAkuntansi, 32(3), 750.

https://doi.org/10.24843/eja.2022.v32.i03.p15

Ajzen, I. (1991). The theory of planned behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50(2), 179–211. https://doi.org/10.1016/0749- 5978(91)90020T

Bank Indonesia. (2020). Mengenal Financial Technology. Retrieved from: https://www.bi.go.id. (Diakses pada tanggal 10 Juni 2022, Pukul 19.00 WIB)

Camilleri, M. A. (2019). Exploring the Behavioral Intention To Use E-Government Services: Validating the Unified Theory of Acceptance and Use of Technology. Im, 27–34. https://doi.org/10.33965/its2019_201901l004

Chen, X., You, X., & Chang, V. (2021). FinTech and commercial banks‘ performance in China: A leap forward or survival of the fittest?. Technological Forecasting and Social Change, 166(January), 120645.

https://doi.org/10.1016/j.techfore.2021.120645

Darmansyah, Fianto, B. A.,Hendratmi, A., & Aziz, P. F. (2020). Factors determining behavioral intentions to use Islamic financial technology: Three competing models. Journal of Islamic Marketing, 12(4), 794–812. https://doi.org/10.1108/JIMA-12-2019-0252

Daragmeh, A., Lentner, C., & Sági, J. (2021). FinTech payments in the era of COVID-19: Factors influencing behavioral intentions of ?Generation X? in Hungary to use mobile payment. Journal of Behavioral and Experimental Finance, 32, 100574. https://doi.org/10.1016/j.jbef.2021.100574

Detik Finance. (2020). Berita Financial Technology OVO Error. Retrieved from: https://www.detik.com. (diakses pada 10 Juni 2022, Pukul 19.30 WIB)

Fu, J., & Mishra, M. (2022). Fintech in the time of COVID?19: Technological adoption during crises. Journal of Financial Intermediation, 50, 100945. https://doi.org/10.1016/j.jfi.2021.100945

Gunawan, H., Sinaga, B. L., & Sigit Purnomo, W. P. (2019). Assessment of the readiness of micro, small and medium enterprises in using E-money using the unified theory of acceptance and use of technology (UTAUT) method. Procedia Computer Science, 161, 316–323. https://doi.org/10.1016/j.procs.2019.11.129

Haris, M. (2020). Synergy Bank Syariah and Financial Technology in Development of Micro, Small and Medium Businesses in Indonesia. Jurnal Reviu Akuntansi Dan Keuangan, 10(1), 115–126. https://doi.org/10.22219/jrak.v10i1.11258

Hasan, H. A. (2020). DAMPAK TEKNOLOGI DALAM TRANSAKSI BISNIS UMKM. Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 11(2), 52–63.

Indriyarti, E. R., Leon, F. M., Purba, Y., Murdiah, S., & Liberty, B. A. (2022). SEJAHTERA DI JAKARTA. Jurnal Pengabdian Da Kewirausahaan, 6(1), 56– 65

Kharisma, D. B. (2021). Urgency of financial technology (Fintech) laws in Indonesia. International Journal of Law and Management, 63(3), 320–331. https://doi.org/10.1108/IJLMA-08-2020-0233

Marini, M., Linawati, L., & Putra, R. E. (2020). Peran Fintech terhadap Inklusi Keuangan pada UMKM Tangerang Selatan. Keberlanjutan :Jurnal Manajemen Dan Jurnal Akuntansi, 5(2), 91.

Muhamad, H. (2019). Factors Affecting the Acceptance of Financial Technology among Asnaf for the Distribution of Zakat in Selangor- A Study Using UTAUT. Journal of Islamic Finance (Special Issue), December, 2289–2109.

Nurina Saffanah, W. A. (2022). Implementasi fintech ( e - wallet ) dalam mengembangkan bisnis bagi pelaku umkm di kota makassar. Jurnal Ekonomi Pembangunan, Manajemen Dan Bisnis, Akuntannsi, 2(Maret), 1–8.

Oktalasa, R. H. (2019). Kesiapan Penggunaan Mobile Payment Gopay Pada Usaha Kecil Menengah (UKM) Menggunakan Technology Organization Environment (TOE) Freamework. https://doi.org/10.22201/fq.18708404e.2004.3.66178

Putri, R. E., Goso, G., Hamid, R. S., & Ukkas, I. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan, Financial Technology dan Inklusi Keuangan terhadap Kinerja Keuangan Pengusaha Muda. Owner Riset & Jurnal Akuntansi, 6(2), 1664–1676. https://doi.org/10.33395/owner.v6i2.790

Rachim, H. A., Sutrisno, B., Ilmu, D., Sosial, K., Padjadjaran, U., Sosiologi, D., & Padjadjaran, U. (2022). Aksiologiya : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Sosialisasi Fintech dan Literasi Keuangan Terhadap Pelaku UMKM di Desa Cinanjung Tanjung Sari Sumedang wilayah Kecamatan Tanjungsari langsung dengan Kecamatan Jatinangor dan Cinanjung sendiri berada di kak. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 258–267.

Rahi, S., Othman Mansour, M. M., Alghizzawi, M., & Alnaser, F. M. (2019). Integration of UTAUT model in internet banking adoption context: The mediating role of performance expectancy and effort expectancy. Journal of Research in Interactive Marketing, 13(3), 411–435. https://doi.org/10.1108/JRIM-02-2018-0032

Rakshit, S., Islam, N., Mondal, S., & Paul, T. (2021). Mobile apps for SME business sustainability during COVID-19 and onwards. Journal of Business Research, 135(January), 28–39. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2021.06.005

Raza, S. A., Shah, N., & Ali, M. (2019). Acceptance of mobile banking in Islamic banks: evidence from modified UTAUT model. Journal of Islamic Marketing, 10(1), 357–376. https://doi.org/10.1108/JIMA-04-2017-0038

Riantama, I. G. E., Suardhika, I. N., & Yuesti, A. (2020). Financial technology application success in the 4.0 era. International Journal of Psychosocial Rehabilitation,24(09),2948–2962. https://doi.org/10.37200/IJPR/V24I9/PR290324

Rezkyana, A. (2020). Determinan Adopsi Financial Technology Dan Dampaknya Terhadap Perbankan Di Indonesia. 21(1), 1–9. http://journal.um-

surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203

Romadhon, F., & Fitri, A. (2020). Analisis Peluang dan Tantangan Penggunaan Financial Technology Sebagai Upaya optimalisasi Potensi UMKM ( Studi Kasus UMKM di Gresik ). Jurnal TECHNOBIZ, 3(1), 30–44.

Soetrisno, Pinatih, M. W. K., & Indrajaya, I. G. B. (2019). Peran Jumlah Pelanggan Dalam Memediasi Penggunaan E-Commerce Terhadap Pendapatan Pelaku Umkm Di Kota Denpasar. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Unud, 8(12), 58– 66.http://www.tjyybjb.ac.cn/CN/article/downloadArticleFile.do?attachType=PDF&id=9987

Szumski, O. (2020). Technological trust from the perspective of digital payment. Procedia Computer Science, 176, 3545–3554. https://doi.org/10.1016/j.procs.2020.09.032

Undang - Undang Nomor 20 Pasal 1 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)

Venkatesh, V., Morris, M. G., Davis, G. B., & Davis, F. D. (2003). Quarterly. 27(3), 425–478.

Wang, M., Cho, S., & Denton, T. (2017). The impact of personalization and compatibility with past experience on e-banking usage. International Journal of Bank Marketing, 35(1), 45–55. https://doi.org/10.1108/IJBM-04-2015-0046

Wang, Y., Xiuping, S., & Zhang, Q. (2021). Can fintech improve the efficiency of commercial banks? —An analysis based on big data. Research in International Business and Finance, 55, 101338. https://doi.org/10.1016/j.ribaf.2020.101338

Published

2023-12-26

How to Cite

Heningtyas, O. S., & Hanun, N. (2023). Analisis Hubungan Personalisasi, Keinovatifan Teknologi, Competitive Pressure Terhadap Financial Technology Dengan Tipe Bisnis Sebagai Variabel Moderasi pada UMKM Di Kota Bekasi. FINANCIAL: JURNAL AKUNTANSI, 9(2), 156–165. https://doi.org/10.37403/financial.v9i2.547

Issue

Section

Articles