APAKAH MANFAAT, KEPERCAYAAN DAN RISIKO ADOPSI FINTECH BERPENGARUH TERHADAP REVOLUSI FINTECH?

Oryza Sativa Heningtyas, Putri Gina Sari, Endang Tri Pujiastuti, Ahmad Basid Hasibuan

Abstract


       Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil analisis mengenai manfaat adopsi fintech, kepercayaan adopsi fintech, dan risiko adopsi fintech terhadap revolusi fintech dimana variabel inklusi keuangan digunakan sebagai novelty sekaligus variabel moderasi dalam penelitian ini. Populasi dari penelitian ini meliputi masyarakat di Kota Bekasi yang berprofesi sebagai wirausahawan, pelajar/mahasiswa, ibu rumah tangga, pegawai/pekerja. Dalam penelitian ini telah dipilih 420 responden dari berbagai wilayah di Kota Bekasi dengan menggunakan metodologi pengumpulan data purposive sampling serta penyebaran kuesioner kepada objek penelitian. Aplikasi olah data yang digunakan dalam analisis data dan pengujian hipotesis adalah Microsoft Excel 2019 dan SPSS versi 27. Hasil menunjukkan bahwa manfaat dan kepercayaan adopsi fintech mempunyai pengaruh positif yang cukup besar terhadap revolusi fintech, namun berbeda dengan risiko adopsi fintech mempunyai pengaruh negatif yang cukup besar terhadap revolusi fintech. Selain itu,variabel moderasi inklusi keuangan dapat memoderasi manfaat, kepercayaan, dan risiko adopsi fintech pada masyarakat di Kota Bekasi.


References


Alawi, N. M., Asih, V. S., & Sobana, D. H. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan Dan Inklusi Mahasiswa Uin Sunan Gunung Djati Bandung Terhadap Penggunaan Sistem Financial Technology. Jurnal Maps (Manajemen Perbankan Syariah), 4(1), 36–44.

Albastaki, T., Hamdan, A., Albastaki, Y., & Bakir, A. (2022). Factors affecting e-payment acceptance by customers: an empirical study in the Kingdom of Bahrain. Competitiveness Review. https://doi.org/10.1108/CR-09-2022-0133

Ali, M., Raza, S. A., Khamis, B., Puah, C. H., & Amin, H. (2021). How perceived risk, benefit and trust determine user Fintech adoption: a new dimension for Islamic finance. Foresight, 23(4), 403–420. https://doi.org/10.1108/FS-09-2020-0095

Basalamah, R., Nurdin, N., Haekal, A., Noval, N., & Jalil, A. (2022). Pengaruh Persepsi Kemudahan dan Risiko Terhadap Minat Menggunakan Financial Technology (FinTech) GoPay pada Generasi Milenial di Kota Palu. In Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis Islam-JIEBI (Vol. 4, Issue 1). https://iprice.co.id/insights/mapofecommerce

Bestari, Novina Putri. (2022, 20 September pukul 13.00 WIB). Daftar Pinjol Ilegal Terbaru 2022, Jangan Sampai Terjerat. Diakses dari cnbcindonesia.com

Chan, R., Troshani, I., Rao Hill, S., & Hoffmann, A. (2022). Towards an understanding of consumers’ FinTech adoption: the case of Open Banking. International Journal of Bank Marketing, 40(4), 886–917. https://doi.org/10.1108/IJBM-08-2021-0397

Das, A., & Das, D. (2023). Adoption of fintech services amidst COVID-19 pandemic: Empirical evidence from Assam. Managerial Finance, 49(6), 1075–1093.

Davis, F. D. (1989). Perceived usefulness, perceived ease of use, and user acceptance of information technology. MIS Quarterly, 319–340.

Fanta, A. B., & Makina, D. (2019). The relationship between technology and financial inclusion: Cross-sectional evidence. In Extending financial inclusion in Africa (pp. 211–230). Elsevier.

Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 EDISI 9. Semarang. Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 EDISI 10. Semarang. Universitas Diponegoro

Gupta, K., Wajid, A., & Gaur, D. (2023). Determinants of continuous intention to use FinTech services: the moderating role of COVID-19. Journal of Financial Services Marketing. https://doi.org/10.1057/s41264-023-00221-z

Hanifah, T. R., & Mukhlis, I. (2022). Pengaruh Efektivitas, Hedonis, Kemanfaatan, dan Kepercayaan Terhadap Minat Mahasiswa Universitas Negeri Malang dalam Menggunakan Layanan Shopeepay: Pendekatan Technology Acceptance Model. Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen), 9(2), 69–83.

Hasudungan, S. (2019). Literasi, inklusi keuangan, penggunaan produk fintech, dan perilaku investasi pada generasi millenial jabodetabek.

Jain, N., & Raman, T. V. (2022). The interplay of perceived risk, perceive benefit and generation cohort in digital finance adoption. EuroMed Journal of Business. https://doi.org/10.1108/EMJB-09-2021-0132

KBBI Web (2023, 20 Juni pukul 16.00 WIB). Kamus Besar Bahasa Indonesia Online. Diakses dari https://kbbi.web.id/

Lasmini, R. S., & Zulvia, Y. (2021). Inklusi Keuangan dan Pengaruhnya terhadap Penggunaan Financial Technology Pada Generasi Milenial. Jurnal Inovasi Pendidikan Ekonomi (JIPE), 11(1), 45. https://doi.org/10.24036/011122790

Liliana, L., Hidayat, A., Atiyatna, D. P., Kahpi, M., & Saleh, S. (2021). Peran Fintech dalam Meningkatkan Keuangan Inklusif UMKM. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Sriwijaya, 19(2), 91–102.

Malik, N., & Mudrifah, M. (2020). High Involvement Work System and Performance of Indonesian Banking Sector. Jurnal Reviu Akuntansi Dan Keuangan, 10(2), 219. https://doi.org/10.22219/jrak.v10i2.11157

Marey, D. R. E., & Purwanto, E. (2020). Model Konseptual Minat Penggunaan E-Wallet: Technology Acceptance Model (TAM). Technology Adoption: A Conceptual Framework, 31–50.

Marisa, O. (2020). Persepsi kemudahan penggunaan, efektivitas, dan risiko berpengaruh terhadap minat bertransaksi menggunakan financial technology. Jurnal Administrasi Kantor, 8(2), 139–152.

Michelle, A. M. (2016). The effect of digital finance on financial inclusion in the banking industry in Kenya. Unpublished M. Sc. Dissertation, University of Nairobi.

Murinde, V., Rizopoulos, E., & Zachariadis, M. (2022). The impact of the FinTech revolution on the future of banking: Opportunities and risks. International Review of Financial Analysis, 81. https://doi.org/10.1016/j.irfa.2022.102103

Okello Candiya Bongomin, G., & Ntayi, J. M. (2020). Mobile money adoption and usage and financial inclusion: mediating effect of digital consumer protection. Digital Policy, Regulation and Governance , 22(3), 157–176. https://doi.org/10.1108/DPRG-01-2019-0005

Osmani, M., El-Haddadeh, R., Hindi, N., Janssen, M., & Weerakkody, V. (2021). Blockchain for next generation services in banking and finance: cost, benefit, risk and opportunity analysis. Journal of Enterprise Information Management, 34(3), 884–899. https://doi.org/10.1108/JEIM-02-2020-0044

Ozili, P. K. (2018). Impact of digital finance on financial inclusion and stability. Borsa Istanbul Review, 18(4), 329–340. https://doi.org/10.1016/j.bir.2017.12.003

Ozili, P. K. (2020). Contesting digital finance for the poor. Digital Policy, Regulation and Governance, 22(2), 135–151.

Primadasa, Y., Saputra, A. Y., & Juliansa, H. (2021). Penerapan Metode Technology Acceptance Model Terhadap Faktor Kepercayaan dan Risiko Dalam Penggunan Aplikasi Fintech. CogITo Smart Journal, 7(2), 290–304.

Rekarti, E., & Hertina, L. (2014). Beberapa faktor yang berpengaruh terhadap minat beli online pada situs jual beli tokobagus. com. Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Sosial, 2(3), 311–318.

Riyanti, Y. E., Kurniawati, A. A., Fawwaz, E., Sitorus, H., & Margaretha, F. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Dalam Mengadopsi Layanan Fintech. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(2), 2710–2724.

Ryu, H. S. (2018). What makes users willing or hesitant to use Fintech?: the moderating effect of user type. Industrial Management and Data Systems, 118(3), 541–569. https://doi.org/10.1108/IMDS-07-2017-0325

Sanusi, Anwar. (2019). Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta. Salemba Empat.

Savitha, B., Hawaldar, I. T., & Kumar K, N. (2022). Continuance intentions to use FinTech peer-to-peer payments apps in India. Heliyon, 8(11). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2022.e11654

Senyo, P. K., & Osabutey, E. L. C. (2020a). Unearthing antecedents to financial inclusion through FinTech innovations. Technovation, 98. https://doi.org/10.1016/j.technovation.2020.102155

Siswanti, T. (2022). Analisis Pengaruh Manfaat Ekonomi, Keamanan Dan Risiko Terhadap Minat Penggunaan Financial Technology (Fintech)(Study Kasus Pada Masyarakat Di Wilayah Kecamatan Bekasi Timur). Jurnal Bisnis & Akuntansi Unsurya, 7(2).

Song, X. L., Jing, Y. G., & Akeba’erjiang, K. (2020). Spatial econometric analysis of digital financial inclusion in China. International Journal of Development Issues, 20(2), 210–225. https://doi.org/10.1108/IJDI-05-2020-0086

Stewart, H., & Jürjens, J. (2018). Data security and consumer trust in FinTech innovation in Germany. Information and Computer Security, 26(1), 109–128. https://doi.org/10.1108/ICS-06-2017-0039

Suzianti, A., Haqqi, F. R., & Fathia, S. N. (2022). Strategic recommendations for financial technology service development: a comprehensive risk-benefit IPA-Kano analysis. Journal of Modelling in Management, 17(4), 1481–1503. https://doi.org/10.1108/JM2-11-2020-0297

Usman, H., Mulia, D., Chairy, C., & Widowati, N. (2022). Integrating trust, religiosity and image into technology acceptance model: the case of the Islamic philanthropy in Indonesia. Journal of Islamic Marketing, 13(2), 381–409. https://doi.org/10.1108/JIMA-01-2020-0020




DOI: https://doi.org/10.37403/financial.v10i1.562

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 FINANCIAL: JURNAL AKUNTANSI

Financial: Jurnal Akuntansi is indexed by:

  

PUBLISHER:

Program Studi Akuntansi, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung
Jalan Surabaya No 19, Telp (0622) 25626, Fax (0622) 21432
Pematangsiantar 21118 – Sumatera Utara, Indonesia
email: financial@stiesultanagung.ac.id

OAlogo

 Creative Commons License

Financial: Jurnal Akuntansi by STIE Sultan Agung is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.