PENGARUH LIKUIDITAS DAN LEVERAGE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN SUB SEKTOR KERAMIK, PORSELEN DAN KACA YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Silvia Silvia, Darwin Lie, Jubi Jubi, Nelly Ervina

Abstract


Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran likuiditas, leverage, dan nilai perusahaan serta pengaruh likuiditas dan leverage terhadap nilai perusahaan pada Perusahaan Sub Sektor Keramik, Porselen dan Kaca yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan metode analisis deskriptif kualitatif  dan analisis deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data digunakan metode dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda, koefisien korelasi, koefisien determinasi, uji hipotesis.

Hasil regresi penelitian ini adalah Ŷ = 5,438 – 0,847X1 – 0,869X2. Koefisien korelasi sebesar 0,665 dan nilai R Square sebesar 0,442. Hasil uji F menunjukkan nilai signifikansi 0,002< 0,05, maka H0 ditolak, berarti likuiditas dan leverage berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan pada Perusahaan Sub Sektor Keramik, Porselen dan Kaca yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2016. Uji t Current Ratio (CR) diperoleh nilai signifikansi 0,002< 0,05, maka H0 ditolak, artinya likuiditas berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Uji t Debt to Equity Ratio (DER) diperoleh nilai signifikansi 0,001< 0,05, maka H0 ditolak, artinya leverage berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan pada Perusahaan Sub Sektor Keramik, Porselen dan Kaca yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2016.

Saran yang dapat diberikan adalah sebaiknya perusahaan memperhatikan nilai aset lancarnya, memaksimalkan penagihan piutang usaha, meningkatkan penjualan dan menekan biaya-biaya.

 

Kata Kunci : Likuiditas, Leverage dan Nilai Perusahaan


Full Text:

PDF

References


Brigham, Eugene F, dan Joel F. Houston. 2010, Dasar-dasar Manajemen Keuangan, Buku1, Edisi Pertama, Jakarta:Salemba Empat. Jakarta: Erlangga

Halim, Abdul. 2007. Manajemen Keuangan Bisnis. Bogor : Penerbit Ghalia Indonesia.

Kartikahadi, Hans, dkk. 2012. Akuntansi Keuangan Berdasarkan SAK Berbasis IFRS. Buku. Jakarta : Salemba Empat

Kasmir. 2010. Pengantar Manajemen Perusahaan, Edisi Pertama, Cetakan Pertama. Jakarta : Kencana.

Keown, et. al. 2004. Manajemen Keuangan: Prinsip-prinsip Dasar Dan Aplikasi, Edisi Kesembilan, Jilid Satu. Jakarta: Indeks Kelompok Gramedia.

Martani, Dwi, dkk. 2012. Akuntansi Keuangan Menengah berbasis PSAK, Buku Satu. Jakarta : Salemba Empat.

Munawir. 2004. Analisa Laporan Keuangan. Yogyakarta: Liberty.

Rudianto. 2012. Pengantar Akuntansi Adaptasi IFRS. Jakarta. Erlangga

Sudana. I Made. 2011. Manajemen Keuangan Perusahaan Teori dan Praktek. Jakarta : Penerbit Erlangga.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


FINANCIAL (JURNAL AKUNTANSI STIE SULTAN AGUNG)

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.