PENGARUH LIKUIDITAS DAN LEVERAGE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN SUB SEKTOR PROPERTY DAN REAL ESTATE YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Rahma Hayati, Yansen Siahaan, Parman Tarigan, Supitriyani Supitriyani

Abstract


Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah: Untuk mengetahui gambaran likuiditas, leverage, dan nilai perusahaan serta pengaruh likuiditas dan leverage terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sub sektor property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini seperti: uji asumsi klasik, analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif.

Hasil persamaan regresi linier berganda pada penelitian ini adalah   Ŷ = 2,167 + 0,166X1 + 0,078X2. Hasil analisis koefisien korelasi yaitu nilai r sebesar 0,311 dan nilai R sebesar 0,097. Hasil uji F menunjukkan bahwa Fhitung<Ftabel atau 2,521<3,20 dan tingkat signifikansi 0,091>0,05 berarti likuiditas dan leverage berpengaruh tidak signifikan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sub sektor property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Hasil uji t untuk likuiditas thitung<ttabel (-1,998<2,01174) atau Sig.>alpha (0,052>0,05), berarti likuiditas berpengaruh tidak signifikan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sub sektor property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Hasil uji t untuk leverage thitung<ttabel (0,232<2,01174) atau Sig.>alpha (0,818>0,05), berarti leverage berpengaruh tidak signifikan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sub sektor property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Saran yang dapat diberikan adalah perusahaan sebaiknya memperhatikan jumlah aset lancarnya agar tidak ada yang menganggur, seperti mempercepat perputaran piutang sehingga mampu menambah leverage dan sebaiknya perusahaan meningkatkan penjualan. Peningkatan penjualan secara terus menerus akan meningkatkan aset perusahaan.

 

Kata Kunci: Likuiditas, Leverage, dan Nilai Perusahaan.

 


Full Text:

PDF

References


Baridwan, Zaki. 2004. Intermediate Accounting. Edisi Kedelapan. Cetakan Pertama. Yogyakarta :BPFE UGM.

Brigham, EugeNe F. dan Joel F. Houston. 2010. Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Buku 1. Edisi kesebelas, Jakarta :Salemba Empat

Horne, James C. Van dan John M. Wachowiccz, Jr. 2012. Prinsip-prinsip Manajemen Keuangan, Edisi Ketigabelas, Jilid Satu. Jakarta: Salemba Empat.

Kasmir. 2010. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT. Raja Grafindo

Martani, Dwi, dkk. 2012. Akuntansi Keuangan Menengah Berbasis PSAK. Jakarta: Salemba Empat.

Munawir, 2004. Analisa Laporan Keuangan. Yogyakarta :Liberty.

Subramanyam, K.R. dan John J. Wild. 2005. Analisis Laporan Keuangan : Financial Statement Analysis, Buku 1, Edisi Kedelapan :Jakarta : Salemba Empat.

Sudana, I Made. 2011. Manajemen Keuangan Perusahaan Teori dan Praktik. Jakarta: Erlangga.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


FINANCIAL (JURNAL AKUNTANSI STIE SULTAN AGUNG)

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.