PENERAPAN AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN SEBAGAI ALAT PENGENDALIAN BIAYA PADA PT BRIDGESTONE SUMATRA RUBBER ESTATE KABUPATEN SIMALUNGUN

Dika Wahyu Agus Miran, Yansen Siahaan, Mahaitin H Sinaga, Rosanna Purba

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan akuntansi pertanggungjawaban sebagai alat pengendalian biaya dan untuk mengetahui apakah penerapan akuntansi pertanggungjawaban berperan sebagai alat pengendalian biaya pada PT Bridgestone Sumatra Rubber Estate Kabupaten Simalungun. Data yang dibutuhkan diperoleh dengan menggunakan motode wawancaradan  dokumentasi. Data tersebut dianalisis dengan analisis deskriptif dan induktif.

Hasil penelitian dapat disimpulkan PT Bridgestone Sumatra Rubber Estate sudah menerapkan akuntansi pertanggungjawaban dengan memadai. Hal ini dapat dilihat dari struktur organisasi, anggaran biaya, penggolongan biaya, sistem akuntansi biaya, dan sistem pelaporan biaya. Namun dari penggolongan biaya masih terdapat kelemahan yang dilakukan oleh perusahaan di antaranya tidak adanya pemisahan  biaya  terkendali  dan  biaya tidak terkendali. Pada pengendalian biaya perusahaan sudah memenuhi seluruh prosedur dalam pengendalian biaya di antaranya menetapkan tolak ukur standar (anggaran), melaksanakan pencatatan hasil atas pelaksanaan yang sebenarnya dan melaksanakan perbandingan terhadap pelaksanaan hasil yang sebenarnya dengan standar-standar yang ditetapkan.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37403/financial.v1i1.7

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 FINANCIAL (JURNAL AKUNTANSI STIE SULTAN AGUNG)

Financial: Jurnal Akuntansi is indexed by:

PUBLISHER:

Program Studi Akuntansi, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung
Jalan Surabaya No 19, Telp (0622) 25626, Fax (0622) 21432
Pematangsiantar 21118 – Sumatera Utara, Indonesia
email: financial@stiesultanagung.ac.id

OAlogo

 Creative Commons License

Financial: Jurnal Akuntansi by STIE Sultan Agung is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.