PENGARUH PERPUTARAN KAS DAN PERPUTARAN PIUTANG TERHADAP RETURN ON INVESMENT (ROI) PADA PERUSAHAAN SUB SEKTOR SEMEN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Muhammad Rio Jasmiko, Yansen Siahaan, Parman Tarigan, Astuti Astuti

Abstract


Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah : 1. Untuk mengetahui gambaran perputaran kas, perputaran piutang dan Return on Invesment (ROI), serta untuk mengetahui pengaruh perputaran kas dan perputaran piutang terhadap Return on Invesment (ROI) pada Perusahaan Sub Sektor Semen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia baik secara simultan maupun parsial.

Penelitian ini dilakukan dengan metode analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda, koefisien korelasi, koefisien determinasi dan uji hipotesis. Analisis data dilakukan dengan menggunakan bantuan program SPSS versi 21.

Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: 1. Rata-rata perputaran kas sebesar 8,537 kali, rata-rata perputaran piutang sebesar 8,896 kali, rata-rata Return on Invesment (ROI) sebesar 0,135 kali .2. Hasil persamaan regresi linier berganda yaitu: Ŷ = 0,164 – 0,007X1 + 0,003X2, menunjukkan bahwa perputaran kas berpengaruh negatif dan perputaran piutang berpengaruh positif terhadap ROI. 3. Hasil analisis koefisien korelasi adalah 0,791 yang berarti terdapat korelasi atau hubungan yang kuat antara Return on Invesment (ROI) dengan perputaran kas dan perputaran piutang. Koefisien determinasi  adalah 0,626 berarti tinggi rendahnya ROI dapat dijelaskan oleh perputaran kas dan perputaran piutang sebesar 62,6 %. 4. Hipotesis penelitian H0 ditolak  artinya, perputaran kas dan perputaran piutang berpengaruh signifikan terhadap Return on Invesment pada Perusahaan Sub Sektor Semen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Saran dari penelitian ini sebaiknya perusahaan meningkatkan penjualan dan tetap lebih efektif dan efisien dalam mengelola seluruh aset perusahaan, kemudian tetap memperhatikan aset perusahaan supaya jangan sampai ada aset yang menganggur.

 

Kata Kunci: Perputaran Kas, Perputaran Piutang dan Return on Invesment(ROI)


Full Text:

PDF

References


Brigham, Eugene. F dan Joel F. Houston. 2001. Manajemen Keuangan. Buku Satu. Edisi Sepuluh. Jakarta : Salemba Empat.

Horne, James G. Van dan John M. Wachowicz,Jr. 2012. Prinsip-Prinsip Manajemen Keuangan. Edisi 13. Buku 1. Jakarta: Salemba Empat

Kasmir. 2010. Pengantar Manajemen Keuangan. Jakarta: Kencana.

Martani, Dwi, dkk. 2012. Akuntansi Keuangan Menengah Berbasis PSAK. Buku 1. Jakarta: Salemba Empat.

Munawir, S. 2004. Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta : Liberty.

Riyanto, Bambang. 2010. Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan.Yogyakarta: BPFE.

Warren, et. al, 2006, Pengantar Akuntansi, Edisi 21, Jakarta: Salemba Empat.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


FINANCIAL (JURNAL AKUNTANSI STIE SULTAN AGUNG)

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.