PENGARUH PERPUTARAN PERSEDIAAN DAN PERPUTARAN PIUTANG TERHADAP PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN SUB SEKTOR KOSMETIK YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Aryuni Rizki, Liper Siregar, Jubi Jubi, Ady Inrawan

Abstract


Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah: Untuk mengetahui gambaran perputaran persediaan, perputaran piutang, profitabilitas serta pengaruh perputaran persediaan dan perputaran piutang terhadap profitabilitas pada perusahaan Sub Sektor Kosmetik yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini seperti: uji asumsi klasik, analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif.

          Hasil persamaan regresi linier berganda pada penelitian ini adalah   Ŷ = –0,116 + 0,013 X1 + 0,033 X2. Hasil analisis koefisien korelasi yaitu nilai r sebesar 0,908  dan nilai R sebesar 0,825. Hasil uji F menunjukkan bahwa Fhitung>Ftabel atau 16,542>4,74 dan tingkat signifikansi 0,002<0,05 berarti Perputaran Persediaan dan Perputaran Piutang berpengaruh signifikan terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Sub Sektor Kosmetik yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Hasil uji t untuk perputaran persediaan thitung<ttabel (0,591<2,36462), perputaran persediaan berpengaruh  tidak signifikan terhadap profitabilitas pada Perusahaan Sub Sektor Kosmetik yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Hasil uji t untuk perputaran piutang thitung>ttabel (2,457>2,36462), berarti perputaran piutang berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas pada perusahaan Sub Sektor Kosmetik yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

          Saran yang dapat diberikan adalah perusahaan sebaiknya perusahaan tetap melakukan penjualan walaupun dengan cara kredit sebelum produk kosmetik ini memasuki masa kadaluarsa. Karena jika produk sudah kadaluarsa maka produk tersebut tidak dapat dijual kembali. Selain itu, bagi peneliti selanjutnya sebaiknya menambah periode penelitian dan menggunakan atau menambah variabel penelitian lainnya.

Kata Kunci: Perputaran Persediaan, Perputaran Piutang, dan Profitabilitas.


Full Text:

PDF

References


Arthur, J. Keown, et.al. 2008. Manajemen Keuangan Prinsip dan Penerapan. Edisi Kesepuluh. Jilid 1: Jakarta: PT Indeks

Brigham, dan Joel. 2010. Fundamental Of Financial Management Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Edisi 10. Jakarta: Salemba Empat.

Kasmir. 2015. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Munawir, S. 2004. Analisa Laporan Keuangan. Yogyakarta: Liberty Yogyakarta.

Riyanto, Bambang. 2008. Dasar–dasar Pembelanjaan Perusahaan. Yogyakarta: BPFE




DOI: https://doi.org/10.37403/financial.v4i1.73

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 FINANCIAL : JURNAL AKUNTANSI

Financial: Jurnal Akuntansi is indexed by:

  

PUBLISHER:

Program Studi Akuntansi, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung
Jalan Surabaya No 19, Telp (0622) 25626, Fax (0622) 21432
Pematangsiantar 21118 – Sumatera Utara, Indonesia
email: financial@stiesultanagung.ac.id

OAlogo

 Creative Commons License

Financial: Jurnal Akuntansi by STIE Sultan Agung is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.